Rabu, 16 September 2015

Penyebab kenapa situs menjadi Berat dan Lambat




Setelah hujan selesai, saya kembali ke komputer untuk menulis artikel tentang beberapa penyebab loading situs berat dan lambat, kita membahas yang ringan saja kali ini, mengenai situs atau blog anda yang lambat atau berat.

Seringkali anda ketika berselancar di internet pasti  pernah merasakan membuka situs yang sangat berat sekali, sampai anda bisa menakan tombol refresh berkali-kali dan hasilnya apa ? sama saja, loading situs yang dibuka tersebut tetap lambat alias berat, kesal ? tentu saja, lagi asyiknya mencari informasi tetapi terhambat karena beberapa situs yang berat loadingnya, mungkin anda bertanya kenapa berat sekali ya loading situsnya ? kali ini saya akan berikan jawaban dari pertanyaan anda dalam artikel beberapa penyebab loading situs berat dan lambat.

Beberapa Penyebab Loading Situs Berat dan Lambat

1.     Hosting

Kenapa hosting menempati urutan pertama dalam artikel penyebab loading situs berat dan lambat ini ? karena di hosting lah semua file situs kita berada, saya pernah membuat dua situs dengan dua hosting berbeda, keduanya memakai tema yang sama dengan semua struktur sama, intinya 1 situs dibuat menjadi dua, situs pertama sangat berat, situs kedua sangat ringan, jadi kesalahan pertama adalah pada hosting, bukan pada masalah lainnya, perlu diingat juga masalah hosting berdampak besar ke SEO, jadi kalau anda melihat banyak hosting murah dan unlimited, pastikan benar-benar apakah aksesnya terjamin sering down atau tidak, hosting ini sama dengan harddisk di komputer, kalau sudah bermasalah maka efeknya akan sangat besar.

2.     Tema, Template atau Tampilan

kalau hosting berada di urutan pertama dalam artikel Beberapa Penyebab Loading Situs Berat dan Lambat ini, maka bagian keduanya adalah tema, sebelum membahas tema sudahkah anda melihat atau memeriksa kecepatan situs blog anda ? kalau belum silakan kunjungi GTmetrix untuk melihat nilai kecepatan situs anda, memilih tema harus sesuai dengan apa yang kita rasakan sebagai pengunjung, anda jangan egois tema harus bagus menarik mata dan full slide atau fasilitas lainnya, dalam memilih tema posisikan diri kita sebagai pengunjung, sebagai pengunjung tentu saja menginginkan situs yang dibuka loadingnya sangat cepat, tidak banyak warna yang menyakitkan, plih tema yang gratis juga sudah cukup, kalau anda masih kurang anda bisa membelinya, ingat jangan gunakan tema bajakan, karena tema bajakan sangat rentan, kenapa rentan ? karena beberapa tema yang bajakan sudah disusupi malware oleh si peretas.

3.     Server Padat

anda pengguna shared hosting ? menggunakan server mana ? terkadang ketika server padat imbasnya ke akses situs menjadi lambat, kenapa bisa demikian ? karena kita memakai shared hosting, yang dimana hosting tersebut berbagi dengan beberapa pengguna lainnya, kalau situs anda sudah memasuki wilayah bisnis sebaiknya anda mempunyai server sendiri, jangan lagi menggunakan shared hosting, bagaimana kalau pengunjung anda ribuan dalam sehari atau bahkan lebih ? anda bisa terkena hukuman oleh penyedia hosting atau server anda kalau anda menggunakan shared hosting, beda dengan server sendiri. 

4.     Plugin

Sedikit rasanya masih kurang, tetapi kalau banyak jadi berlebih, maksud saya adalah plugin, terutama untuk pengguna wordpress, kalau anda menggunakan plugin yang sedikit, atau tanpa plugin kemungkinan kinerja situs anda tidak berjalan dengan baik, akan tetapi begitu juga sebaliknya, kalau anda menggunakan plugin yang berlebihan tentu saja akan memberatkan kinerja situs , gunakan plugin yang hanya diperlukan saja, misalnya plugin untuk menunjang kecepatan situs, atau plugin keamanan situs, itu wajib,, di awal saya juga memasang banyak plugin karena dahulu saya mengira kalau banyak plugin maka akan semakin bagus kinerja situs saya, ternyata tidak.

5.     Widget

Apakah widget harus dihapus agar loading situs menjadi lebih ringan dan cepat ? tidak, kenapa demikian, karena tergantung penempatan widgetnya, saya sewaktu menulis artikel ini mencoba memindahkan widget yang ada di samping ke bagian bawah ( footer) lalu saya coba cek kecepatan situs saya, tahu apa yang ada di hasilnya ? ternayata sangat lambat kata hasil tes mesin tersebut, ini sangat berbeda sekali ketika saya letakkan widget di samping, menjadi lebih cepat.

6.     Internet

Kenapa internet saya masukkan di terakhir untuk Beberapa Penyebab Loading Situs Berat dan Lambat, ini sebenarnya adalah masalah teknis, karena ketika internet mengalami gangguan maka sudah dipastikan kedua arah akan sama-sama mengalami masalah, misalnya saja pengunjung membuka situs anda maka si pengunjung akan mengeluh kenapa lambat sekali, sedangkan anda juga mengeluh kenapa masuk ke panel situs anda lambat.

Demikian Beberapa Penyebab Loading Situs Berat dan Lambat ini, anda bisa melihat artikel lainnya yang masih berhubungan dengan masalah mengenai situs lainnya, ketika anda mengalami hal yang saya terangkan dalam artikel saya ini anda bisa perlahan-lahan menelusurinya apa penyebab loading situs anda berat dan lambat.